RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester : IV/2 (Dua)
Tema/Subtema : Pahlawanku/Pahlawanku Kebanggaanku
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 Menit)
Pembelajaran : 2
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kompetensi Dasar:
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator :
3.1.1 menyebutkan nama tokoh, asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Diponegoro
4.1.1.Menceritakan sikap kepahlawanan yang bisa ditiru dari pahlawan Diponegoro
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
Indikator :
3.1.1 menyebutkan nama tokoh, asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Diponegoro
4.1.1.Menceritakan sikap kepahlawanan yang bisa ditiru dari pahlawan Diponegoro
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar:
3.14. Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
Indikator :
3.14.1. Menjelaskan hubungan satuan panjang
3.14.2. Mengubah satuan panjang dari satuan ke satuan yang lain
4.1.1. Menyelesaikan masalah yang terkait dengan satuan panjang
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:3.4. Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
3.4.1. Menulis pikiran pokok dari paragraf yang dibaca
4.1.1.Menceritakan kembali berdasarkan pikiran pokok yang dibuat
IPA
Indikator :
3.4.1. Menulis pikiran pokok dari paragraf yang dibaca
4.1.1.Menceritakan kembali berdasarkan pikiran pokok yang dibuat
IPA
Kompetensi Dasar:
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Indikator :
3.7.1. Menjelaskan manfaat asam jawa bagi masyarakat.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan nama tokoh, asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Diponegoro.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang bisa dicontoh dari Diponegoro dengan rinci.
3. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan hubungan antarsatuan panjang dengan benar.
4. Setelah berekplorasi, siswa mampu mengubah satuan panjang ke satuan panjang yang lainnya dengan benar.
5. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan satuan panjang dengan benar.
6. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan pikiran pokok dari tiap paragraf yang dibaca dengan benar.
7. Setelah membaca teks,siswa mampu menuliskan kembali teks ”Asam Jawa” dengan runtut.
8. Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan manfaat SDA “Asam Jawa” dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
1. Teks yang berisi bacaan Pangeran Diponegoro
2. Pembuktian tentang satuan panjang
3. Mengenal asam jawa
4. Membuat pikiran pokok
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Model : Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Percobaan
Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1. Media : Teks pahlawan Diponegoro, Peta jalan dari Anyer sampai Panarukan
2. Alat : Beras, lem, pewarna, beras, karton, pena, kardus
3. Sumber belajar: - Afriki, Al Farani, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 5 Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (waktu 15 menit)
Deskripsi Kegiatan:
a. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
b. Berdo’a
c. Guru melakukan presensi.
d. Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali Pahlawan Nasional.
e. Guru membawa foto Pangeran Diponegoro.
f. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai.
g. Guru menyampaikan tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
2. Kegiatan Inti (waktu 100 menit)
Deskripsi Kegiatan:
a. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok kecil yang masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai biografi dan sikap yang patut dicontoh dari keteladanan Pangeran Diponegoro.
c. Peserta didik mencari informasi tentang Pangeran Diponegoro.
d. Setiap kelompok membuat dan mengumpulkan satu rangkuman hasil diskusi kelompok.
e. Guru menunjuk satu kelompok untuk maju dan mempresentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain menyanggah dan menanggapi hasil diskusi kelompok yang presentasi.
f. Siswa mengamati jalur yang merupakan jalan dari Anyer sampai Panarukan dalam peta pulau Jawa.
g. Siswa menggambar peta pulau Jawa, memberi lem, menaburi gambar peta dengan bubuk beras yang telah diwarnai dan menandai jalan dari Anyer sampai Panarukan secara berkelompok.
h. Siswa memberi tanda pohon asam setiap 1 km di sepanjang jalan Anyer sampai Panarukan melalui gambar yang telah disiapkan oleh guru.
i. Guru membimbing siswa dengan menjelaskan materi yang dapat membantu siswa memecahkan persoalan.
j. Siswa mengamati tabel atau tangga dari perubahan satuan panjang. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan tanggal perubahan satuan yang diamatinya.
Guru bisa menanyakan: Hubungan antar satuan seperti yang terdapat di buku siswa.
Misal:
Apa hubungan antara satuan cm dan km? Hubungannya adalah 100.000 cm = 1 km atau 1 km = 100.000 cm atau 1 cm = 1/100.000 km.
Secara individu siswa mengambil benda-benda yang di sukai.
k. Guru menguatkan konsep perubahan satuan panjang
l. Siswa membaca teks tentang asam Jawa secara berkelompok.
m. Siswa menuliskan pikiran pokok dari tiap paragraf yang dibacanya secara individu.
n. Siswa menuliskan kembali dengan bahasa sendiri, guru memperhatikan penggunaan tanda baca, kata sambung, dan huruf besar.
o. Guru menjelaskan kembali manfaat asam jawa dalam teks tentang asam jawa.
3. Kegiatan Penutup (waktu 25 menit)
Deskripsi Kegiatan:
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan
c. Guru melakukan penilaian hasil.
d. Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut
e. Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
H. Penilaian
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
Lembar pengamatan siswa di kelas :
Catatan :
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
2). Matematika: mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka
3). Bahasa Indonesia dan IPA : menuliskan kembali asam Jawa
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Indikator :
3.7.1. Menjelaskan manfaat asam jawa bagi masyarakat.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan nama tokoh, asal, perjuangan dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Diponegoro.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang bisa dicontoh dari Diponegoro dengan rinci.
3. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menjelaskan hubungan antarsatuan panjang dengan benar.
4. Setelah berekplorasi, siswa mampu mengubah satuan panjang ke satuan panjang yang lainnya dengan benar.
5. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan satuan panjang dengan benar.
6. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan pikiran pokok dari tiap paragraf yang dibaca dengan benar.
7. Setelah membaca teks,siswa mampu menuliskan kembali teks ”Asam Jawa” dengan runtut.
8. Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan manfaat SDA “Asam Jawa” dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
1. Teks yang berisi bacaan Pangeran Diponegoro
2. Pembuktian tentang satuan panjang
3. Mengenal asam jawa
4. Membuat pikiran pokok
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Model : Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Percobaan
Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1. Media : Teks pahlawan Diponegoro, Peta jalan dari Anyer sampai Panarukan
2. Alat : Beras, lem, pewarna, beras, karton, pena, kardus
3. Sumber belajar: - Afriki, Al Farani, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 5 Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (waktu 15 menit)
Deskripsi Kegiatan:
a. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
b. Berdo’a
c. Guru melakukan presensi.
d. Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali Pahlawan Nasional.
e. Guru membawa foto Pangeran Diponegoro.
f. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai.
g. Guru menyampaikan tema dan skenario kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
2. Kegiatan Inti (waktu 100 menit)
Deskripsi Kegiatan:
a. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok kecil yang masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai biografi dan sikap yang patut dicontoh dari keteladanan Pangeran Diponegoro.
c. Peserta didik mencari informasi tentang Pangeran Diponegoro.
d. Setiap kelompok membuat dan mengumpulkan satu rangkuman hasil diskusi kelompok.
e. Guru menunjuk satu kelompok untuk maju dan mempresentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain menyanggah dan menanggapi hasil diskusi kelompok yang presentasi.
f. Siswa mengamati jalur yang merupakan jalan dari Anyer sampai Panarukan dalam peta pulau Jawa.
g. Siswa menggambar peta pulau Jawa, memberi lem, menaburi gambar peta dengan bubuk beras yang telah diwarnai dan menandai jalan dari Anyer sampai Panarukan secara berkelompok.
h. Siswa memberi tanda pohon asam setiap 1 km di sepanjang jalan Anyer sampai Panarukan melalui gambar yang telah disiapkan oleh guru.
i. Guru membimbing siswa dengan menjelaskan materi yang dapat membantu siswa memecahkan persoalan.
j. Siswa mengamati tabel atau tangga dari perubahan satuan panjang. Siswa membuat pertanyaan berdasarkan tanggal perubahan satuan yang diamatinya.
Guru bisa menanyakan: Hubungan antar satuan seperti yang terdapat di buku siswa.
Misal:
Apa hubungan antara satuan cm dan km? Hubungannya adalah 100.000 cm = 1 km atau 1 km = 100.000 cm atau 1 cm = 1/100.000 km.
Secara individu siswa mengambil benda-benda yang di sukai.
k. Guru menguatkan konsep perubahan satuan panjang
l. Siswa membaca teks tentang asam Jawa secara berkelompok.
m. Siswa menuliskan pikiran pokok dari tiap paragraf yang dibacanya secara individu.
n. Siswa menuliskan kembali dengan bahasa sendiri, guru memperhatikan penggunaan tanda baca, kata sambung, dan huruf besar.
o. Guru menjelaskan kembali manfaat asam jawa dalam teks tentang asam jawa.
3. Kegiatan Penutup (waktu 25 menit)
Deskripsi Kegiatan:
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan
c. Guru melakukan penilaian hasil.
d. Guru memberi tugas sebagai kegiatan tindak lanjut
e. Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan menutup pelajaran.
H. Penilaian
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: percaya diri, santun, teliti, bertanggungjawab.
b. Unjuk Kerja: keterampilan bercerita dan keterampilan menghasilkan produk
c. Penilaian Pengetahuan
Bentuk Instrumen Penilaian : Format pengamatan, isian
Surakarta, 19 April 2019
Kepala Sekolah, Guru Kelas IV,
(Nama Kepala Sekolah) (Nama Guru Kelas)
a. Penilaian Sikap: percaya diri, santun, teliti, bertanggungjawab.
b. Unjuk Kerja: keterampilan bercerita dan keterampilan menghasilkan produk
c. Penilaian Pengetahuan
Bentuk Instrumen Penilaian : Format pengamatan, isian
Surakarta, 19 April 2019
Kepala Sekolah, Guru Kelas IV,
(Nama Kepala Sekolah) (Nama Guru Kelas)
I. Lampiran
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
Lembar pengamatan siswa di kelas :
Minggu ke ........ Bulan ....... .............. Sub Tema : Pahlawanku Kebanggaanku
No. | Sikap | Belum terlihat | Mulai terlihat | Mulai berkembang | Membudaya | Ket. |
1. | Teliti | |||||
2. | Bertanggung jawab |
b. Penilaian
Pengetahuan
1). IPS : peta pikiran Pahlawan Diponegoro dinilai dengan daftar periksaKriteria | Ya | Tidak |
Menuliskan nama, tempat lahir Diponegoro dengan benar | ||
Menuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Diponegoro dengan benar | ||
Menuliskan sikap Diponegoro |
No. | Tahapan | Skor ( 1 – 5 )* |
1 | Tahap Perencanaan Bahan | |
2 | Tahap Proses Pembuatan : a. Persiapan alat dan bahan b. Teknik Pengolahan c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan) |
|
3 | Tahap Akhir (Hasil Produk) a. Bentuk fisik b. Inovasi |
|
TOTAL SKOR |
*) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
2). Matematika: mengerjakan soal-soal yang dinilai dengan nilai angka
3). Bahasa Indonesia dan IPA : menuliskan kembali asam Jawa
Kriteria | Usaha Maksimal | Usaha Baik | Usaha Cukup | Usaha Kurang |
Pikiran Pokok | Menuliskan semua pikiran pokok tiap paragraf dengan benar |
Menuliskan sebagian besar pikiran pokok tiap paragraf dengan benar | Menuliskan sebagian pikiran pokok tiap paragraf dengan benar |
Menuliskan sebagian kecil pikiran pokok tiap paragraf dengan benar |
Kelengkapan isi |
Siswa menuliskan semua manfaat SDA rempah-rempah (bagian-bagian asam) dengan benar |
Siswa menuliskan sebagian besar manfaat SDA rempah-rempah (bagian-bagian asam) dengan benar |
Siswa menuliskan sebagian kecil manfaat SDA rempah-rempah (bagian-bagian asam) dengan benar |
Siswa tidak menuliskan manfaat dengan benar |
Menuliskan kembali |
Siswa menuliskan kembali cerita Asam Jawa dengan runtut dan detail |
Siswa menuliskan kembali isi cerita dengan runtut tapi kurang detail |
Siswa menuliskan kembali isi cerita dengan kurang runtut |
Siswa menuliskan kembali isi cerita dengan kurang runtut dan kurang detail |
Ejaan |
Semua ejaan dalam tulisan benar. |
Sebagian besar ejaan dalam tulisan benar. |
Sebagian ejaan dalam tulisan benar. |
Sebagian kecil ejaan dalam tulisan |
4). IPA : Percobaan pengeringan makanan
Kriteria | Ya | Tidak |
Menjelaskan teknologi yabg digunakan secara benar | ||
Memprediksi hasil dari percobaan dengan benar | ||
Menjelaskan dampak dari teknologi yang digunakan |
ijin donlod untuk contoh
BalasHapus